Saturday, December 10, 2011

ditemani terumbu karang karimun jawa, Part I

Sebenere ke karimun jawanya udah lama si, Juni 2010 lalu. Berhubung baru bisa ngblog lagi sekarang, jd bru bs curhat sekarang.
Awalnya dapet undangan jalan2 dari tmen kantor seruangan ke pulau karimun jawa. awalnya ga tau pulau itu seperti apa, yang jelas gw di ajak jalan2 ya hayuk aja... apalagi yang namanya wisata alam, laut. kita berangkat dari jakarta cuma berdua, gw sm mba husnul dengan kereta (lupa namanya) ke semarang. Berangkatnya pulang kantor hari jumat. pengalaman baru buat gw pergi ke daerah jawa naik kereta. Biasanya si pake pesawat..*jiaaahhhhhh.. karena kampungnya ga ada kereta :D
nyampe di stasiun KA semarang itu udah dini hari menjelang subuh gitu. kita dijemput sm mobil hotel tempat kita nginep, ga jauh dari stasiunnya. Di sana udah ada tmen dari surabaya juga yang udh nyampe duluan di hotel. yahh hotelnya si sederhana tapi lumayan nyaman lah.. Rp 150 ribu 1 kamar, kita isi bedua. Asli kepala gw berat banget pengen tidur, lumayan jam 7 mesti udah jalan ke pelabuhan buat nyebrang ke karimunnya.
Jam 7 pagi kita keluar dari hotel menuju pelabuhan dianter sama mobil hotel lagi sambil nyari sarapan. Biar ga ribet, kita beli makanan cepat saji, KFC. Nyampe di pelabuhan, agak mutert2 juga nyari tempat parkirnya, hihihihi... maklum anak baru... akhirnya nemu juga. Ternyata pas kita naik kapal, ternyata yang pribumi bisa dibilang kita doank, slebihnya warga keturunan China yg udh lanjut usia meski ada juga sekelompok anak2 ABG gitu deh.. Mgkn itu satu komplek pecinan kali ya.

Setelah kurang lebih 3 jam akhirnya kita sampe juga di pelabuhan karimun jawanya. Disana juga udah ada yang nggu dari Agen wisatanya. Kita dijemput pake mobil Suzuki Carry gitu. Ternyata penginapannya cukup bersih dan nyaman. yah.. sesuai lah dengan budget yang kita keluarkan untuk paket ini sebesar Ro 675ribu (all in). Mana pas nyampe sana kita udah disiapin makan siang, passss banget perut laper. Menunya ga jauh2 dari hidangan laut, ya iyalah secara namanya juga di pulau. Enak banget, ikannya masih seger2... nyummm.... nyum.....
Makanan udah selesai dijarah, perut kenyang, kita siap siap untuk Snorrrrkkkkllliiiiiingggg... Yipppiiiiii... Kita diangkut pake perahu nelayan smpe ke tempat terumbu karang. Baru pertama kali gw pake perabotan snorkling, yg paling ribet pake kaki katak, karena pas di kapal susah jalan... hahahhaha... norak banget gw waktu itu. Pelan2 guide-nya nuntun kita buat berenang menuju lokasi terumbu karang. "oke, smua berpegangan, jangan takut. Yang ga bisa berenang ga usah khawatir, karena kita udah pake pelampung, dan pada dasarnya manusia itu punya daya apung, jadi jangan takut", begitulah kira2 kata guide-nya. Dengan kemampuan dan tenaga yang gw miliki (lebay), gw berusaha untuk berenang, layaknya ikan yang lagi berenang di air...
Dan..... wooooowwww.... subhanallah... indah, cantik banget hasil kreasi yang Maha Kuasa. Air laut yang snangat jernih, terumbu karang yang bewarna warni... Hmmmmm... indah banget deh pokoknya... Tapi ada kejadian lucu, ada salah seorang tmen kita yang ga bisa berenang, takut, dan badannya cukup 'berisi', dikasi ban gede biar dia bisa ngapung di air. Untungnya si mas guide yang baik hati, dengan setia menuntunnya untuk menikmati keindahan panorama bawah laut. (keren ga bahasa gw :D)
Sore pun sudah menjelang, kita balik ke darat dan selanjutnya menikmati Barbeque-an.. Tetep menunya hidangan laut, ikan bakar, sambel terasi, sayur, dan teman temannya. Ajibbbbbbbb pokoknya. Ternyata yang ikut makan bareng, rameeee banget, sepertinya makan malamnya di satu tempat, rumah si guide-nya. Dan di rumah itu, yang ikutan paket karimun juga banyak. Keren nih si abang, punya usaha sendiri.
ga lengkap, kalo jalan2 ga beli pernak pernik asli daerah sini. Keliling2 smbil nikmatin udara malam, jadilah kita mampir di satu toko dan memutuskan untuk beli kaos samaan. Sempat terjadi tawar menawar yang cukup sengit..
Hooooaaaammmm..... ngantuk.. tidur dlu... besok cerita Karimun Jawa Part II ya...