Thursday, December 15, 2011

Curug Malela yang ngumpet di Bandung Barat

Hmmmmm... Untung ada blog, lmyn buat ngusir jenuh... Daripada gw galau ga karu2an, gw cerita perjalanan beberapa bulan yang lalu ke curug malela di daerah bandung barat. Awalnya mulanya gw bisa kepikiran ke tempat yang belum pernah gw denger ini, gara2 ikutan gabung @Backpackseru. Sebuah account facebook yang mengakomodir hasrat yg hobby travelling ala backpackeran. Dan ini baru pertamakalinya gw ikut.
Nanya2 sama mba google lokasi sm review ttg curug ini, katanya si recommended banget. Konon kabarnya ini merupakan mini niagara.. Benarkah?? Mari kita buktikan.
Perjalanan dimulai dari meeting point di depan Hollywood KC, berangkatnya jam stengah 7 pagi (bener2 ontime, saluutt). Sebenere masih ngantuk gilla, tapi demi mencurahkan hasrat bertualang, gue rela... (hmmmm... malam2 jd lebay bgt). Lanjut cerita, perjalanan melewati tol cipularang trus ambil yang menuju padalarang, nah nanti rute yang akan dilewati adalah Batujajar, Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, hingga Kec. Rongga. Tau ga sehhh... rasanya jalannya ga abis2... nyampenya lama banget. Ditambah lagi satu kesalahan fatal yang gw buat pas tadi berangkat adalah, ngabisin 1 botol aqua tanggung dalam sekejap. 

Dan sekarang gw harus menanggung akibatnya, kebelet pipisssss.... Padahal perjalanan masih jauh, mau minta berenti sebentar ga enak, krn cm gw doank yang kebelet. Ga enak sama mobil rombongan yang satunya, apalagi mobilnya di depan, nnti kita ktinggalan. Dan selama beberapa jam itu gw hanya bisa terdiam dan ga bisa ketawa cekikikan, bisa2 jebol ntar.. Hadeuuuhhh tersiksa sekali.. 
Dan pas kita udah sampe di dekat perkebunan teh, mobil yang depan menepi.. Hmmm... curiga seperti mereka berenti mau ke toilet... Yippieeee... Bener, mobil depan ternyata banyak yang kebelet juga, bahkan lebih dari perkiran gw semobil yang isinya cewe semua.. Wakakakakaka... Akhirnyah.... Plonggggg.. Gw bisa ketawa lepas sekarang. Hahahaha.....
Smpe di daerah kalo ga salah namanya gunung halu, kita berenti dan naro mobil dsna. Trus dilanjutkan naik ojeg ke manglid (rp 50ribu) sejauh 7 kilo yang dipenuhi jalan bebatuan dan sedikit curam. Sampe di manglid jam 1, kita makan dulu disana yang udah dimasakin sm disediain penduduk dsitu yg juga buka warung. Kayanya udah diurus sm backpack-nya jadi kita tinggal makan. Perut kenyang dan pastikan perut diisi karena di sepanjang perjalanan ke curug jarang yang jualan. tenaga udah pulih, mari kita menuju curug malela, tentunya jalan kaki. 



Medannya curam abis, bagi yang blm terbiasa, siapin energi total deh.. Jalannya tanah, kalo ujan pasti licin. Kemiringannya, bukan miring lagi menurut gw, tp curam. Jadi sangat tidak disarankan pake sendal jepit, lebih nyaman pake sepatu kesana. Tapi seru, kita nglewatin sawah, jalan setapak yang curam dan cukup berbahaya.
Setelah kurang lebih 1 jam jalan kaki, nyampe juga di lokasi. Subhanallahhhh.. Air terjunnya besar/lebar... Pantesan disebut mini niagara. Biasanya air terjun itu tinggi dan tidak lebar. Nah kalo yang ini, lebar banget, dan arusnya deras.. Sampe2 crocs gw hanyuttt... *nangis meraung-raung. Cuma sayang, waktu kita kesana, airnya kecoklatan dan deras, jadi ga bisa main basah2an..

Sekedar tips kalo kesini:
1. Fisik harus kuat dan harus makan dan minum secukupnya
2. Bawa baju ganti 
3. Lebih baik pake sepatu biar aman dan nyaman
4. Kalo ksna pas lagi musim ujan, bawa jas ujan.
5. Bawa kantong plastik buat nyimpan barang2 kalo lagi ujan

No comments:

Post a Comment